ISO 19011:2018 Panduan Audit Sistem Manajemen

16 Februari 2021

ISO 19011 adalah standar internasional yang mengatur mengenai panduan atau tata cara melakukan audit terhadap sistem manajemen, dalam rangka membantu organisasi untuk mencapai tujuan mereka. Standar ini berlaku untuk berbagai pengguna, termasuk, antara lain, organisasi yang perlu melakukan audit sistem manajemen internal dan / atau eksternal (MS) dan mengelola program audit. Standar ini mencakup prinsip-prinsip audit dan memberikan pendekatan harmonis yang lebih luas untuk audit sistem manajemen dan panduan komprehensif tentang bagaimana melakukan audit sistem manajemen. Sistem manajemen dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuan mereka. Maka melaksanakan audit sistem manajemen merupakan suatu hal yang penting bagi organisasi.

Sebagaimana standar ISO lainnya yang diperbarui secara berkala sesuai dengan kondisi terbaru di dunia internasional, maka ISO 19001 ini pun mengalami revisi. Versi terbaru yang masih digunakan hingga saat ini adalah revisi yang dilakukan per tahun 2018, sebelum revisi ini digunakan revisi per tahun 2011.

Standar sistem manajemen semakin populer seiring organisasi melihat bagaimana standar- standar ini dapat diterapkan untuk mengelola proses yang saling terkait dalam mencapai tujuan mereka. Daftar standar yang ditujukan untuk membantu organisasi menerapkan sistem manajemen yang efektif semakin panjang dan semakin lengkap.

Sistem manajemen atau lebih dikenal dengan istilah management system adalah suatu kerangka proses dan prosedur yang fungsinya untuk memastikan bahwa suatu organisasi sudah memenuhi standar yang diikutinya. Mengapa suatu organisasi harus menerapkan sistem manajemen? Tujuannya adalah sebagai perangkat atau tool yang bisa membantu dalam mencapai tujuan organisasi. Secara umum, tujuan organisasi seperti perusahaan adalah untuk memenuhi persyaratan kualitas dari pelanggan dan untuk memenuhi peraturan pemerintah.

ISO sendiri memiliki lebih dari 70 standar sistem manajemen, dibuat mengacu pada keahlian dan praktik terbaik secara internasional. Tujuannya adalah membantu organisasi memiliki kinerja lebih baik, menghemat uang dan mengembangkan keunggulan kompetitif.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari sistem manajemen dan memastikan perbaikan berkelanjutan, maka audit secara berkala perlu dilakukan. Menjalankan beberapa sistem manajemen secara bersamaan bukanlah tugas yang mudah.

ISO 19011 sebagai pedoman dalam mengaudit sistem manajemen, menawarkan pendekatan yang seragam dan selaras, memungkinkan audit yang efektif di berbagai sistem pada saat yang bersamaan.

Denise Robitaille, Ketua komite proyek ISO yang merevisi standar, mengatakan bahwa standar diperbarui untuk memastikannya dapat terus memberikan panduan yang efektif untuk mengatasi perubahan pasar, perkembangan teknologi dan standar-standar sistem manajemen yang baru-baru ini diterbitkan atau direvisi.

Secara umum perubahan mencakup prinsip-prinsip audit, mengelola program audit, dan mengevaluasi kompetensi auditor. Penambahan utama dalam standar ISO 19011:2018 termasuk:

  • Istilah dan definisi yang diperbarui agar sejalan dengan definisi yang digunakan dalam standar lain;
  • Penambahan prinsip audit ke-7 – pendekatan berbasis risiko (risk-based approach);
  • Informasi tambahan tentang pengelolaan program audit, termasuk perencanaan audit, risiko program audit, pelaksanaan audit, penjabaran persyaratan kompetensi generik untuk auditor;
  • Perluasan Lampiran B (sekarang Lampiran A), termasuk bagian tambahan tentang pendekatan proses, lifecycle, penilaian profesional, risiko dan peluang audit, kepemimpinan audit dan komitmen penggunaan teknologi informasi dan komunikasi selama kegiatan virtual audit; dan penghapusan Lampiran A awal.

“Titik fokus dari standar versi baru adalah pertimbangan teknologi yang berkembang dan peningkatan fokus pada risiko.”

Standar versi terbaru ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan pedoman yang ada untuk membantu organisasi mengelola program audit yang sukses, memastikan peningkatan berkelanjutan dan memungkinkan audit yang efektif di berbagai sistem.

ISO 19011 berlaku untuk semua organisasi yang perlu melakukan audit internal atau eksternal pada sistem manajemen atau untuk mengelola program audit termasuk auditor, organisasi yang menerapkan sistem manajemen, dan organisasi yang perlu melakukan audit sistem manajemen untuk alasan kontrak atau peraturan. Serta panduan tentang audit eksternal pada ISO 19011 seperti audit sertifikasi dan pemasok, yang mendukung penerapan standar sistem manajemen.

Kemudian apakah yang dimaksud audit?

Arti secara bahasa dari kata”Audit” adalah pemeriksaan. Dalam arti yang lebih luas berarti : evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses atau produk. Kaitannya dengan proses di suatu organisasi atau perusahaan, audit adalah sebuah proses yang :

  • Sistematis (ada audit plan, daftar periksa)
  • Independen (cross department)
  • Terdokumentasi (ada rekaman)

Audit dilaksanakan untuk mencari bukti samapai sejauh manakah kriteria-kriteria dari standar yang menjadi acuan saat audit tersebut telah dipenuhi.

Mengapa perusahaan perlu melakukan audit? ada berbagai alasan dari pentingnya audit, diantaranya adalah :

  • Saat audit dilaksanakan, kita bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda (new eye).
  • Dengan ditemukannya ide-ide baru saat audit, hal ini akan membuka peluang untuk bisa melakukan perbaikan pada organisasi.
  • Dengan evaluasi berkala saat audit akan membantu menjaga konsistensi kinerja dari staff.
  • Diskusi yang tercipta saat audit akan membantu memahami perusahaan dengan lebih baik.
  • Audit internal yang dilakukan secara terjadwal akan menjadi sebuah persiapan yang matang saat menghadapi eksternal audit.
  • Sebagai alat manajemen untuk mendorong setiap individu memenuhi kebijakan dari manajemen.

Kaitan Standar ISO 19011 terhadap Standar lain pada Audit Sistem Manajemen

Standar ISO 19011 memberikan panduan mengenai tata cara audit, namun proses audit sendiri dilakukan berdasarkan acuan standar yang di implementasikan di pihak auditee.

Jadi standar ini sudah pasti berhubungan dengan standar sistem lainnya, tergantung dari jenis organisasi atau perusahaan yang di audit seperti :

  • ISO 9001 diterapkan oleh banyak perusahaan seperti : manufaktur elektronik, garmen, konstruksi
  • ISO 22000 diterapkan oleh perusahaan makanan dan minuman.
  • ISO TS 29001 diterapkan oleh perusahaan migas
  • ISO IEC 17025 diterapkan oleh perusahaan yang memiliki fasilitas Laboratorium
  • Kesimpulannya, ISO 19011 menjadi pemandu saat audit standar lain sesuai scope bisnis perusahaan yang akan di audit.

Demikian berbagai hal terkait panduan audit berdasarkan standar ISO 19011, semoga bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan pengetahuan lebih lengkap mengenai ISO 19011, Anda dapat mengikuti Training Quality Control Management System yang diadakan oleh PT. Narada Katiga Indonesia, untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi CS kami melalui Whatsapp 0811-355-2471 (Lala) / 0813-9245-7755 (Nira)

Hallo !

Pilih salah satu tim Marketing kami

Marketing Nira Sekar
6281392457755
Marketing Lala Zhaveera
628113552471
PT Narada Katiga Nusantara
Hai, apakah membutuhkan informasi?
×
Membutuhkan informasi?