Mengenal ISO 9004, Apa Itu ISO 9004?

23 Februari 2021

ISO 9004 : 2018 - Sering kita temui organisasi yang dapat bertahan dari generasi ke generasi, sementara tak sedikit juga perusahaan lain yang hanya dapat bertahan dalam waktu singkat. Kuncinya adalah menciptakan kesuksesan yang berkesinambungan. ISO 9004 memberikan panduan untuk membantu perusahaan mencapai “kesuksesan yang berkelanjutan”.

ISO 9004:2018 merupakan revisi dari ISO 9004 tahun 2009. ISO 9004 adalah panduan untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan. Standar ini menyediakan kerangka kerja berdasarkan pendekatan manajemen mutu, di mana suatu organisasi dapat mencapai keberhasilan yang berkelanjutan melalui identifikasi kekuatan dan kelemahan, serta peluang untuk perbaikan atau perubahan. ISO 9004 menawarkan panduan untuk meningkatkan kualitas keseluruhan organisasi dengan meningkatkan tingkat kematangan perusahaan, yaitu dalam hal strategi, kepemimpinan, sumber daya, dan prosesnya.

Nigel Croft, Ketua ISO / TC 176 / SC 2, subkomite teknis yang bertugas merevisi standar ini, , mengatakan: “Edisi baru ISO 9004 akan dikembangkan untuk meningkatkan panduan dari versi tahun 2009 dan akan membantu organisasi meningkatkan kinerja mereka secara keseluruhan dengan mengeluarkan potensi penuh dari sistem manajemen mutu mereka”.

Perbedaan ISO 9001 dan 9004

ISO 9001 dan 9004 keduanya sebenarnya merupakan bagian dari keluarga besar standar ISO 9000. Meskipun keduanya berbicara tentang Sistem Manajemen Mutu (SMM), mereka memiliki beberapa aspek penting yang membedakan satu sama lain. Banyak organisasi, ketika ingin membangun atau memperbaiki Sistem Manajemen Mutu cenderung menjadi bingung tentang yang standar harus digunakan atau bagaimana jika mereka harus menggunakan keduanya. Dalam mengeksplorasi perbedaan ISO 9001 dan 9004, ada 4 perbedaan utama yang bisa kita cermati.

  1. Tujuan
  • ISO 9001 menyediakan kerangka kerja untuk pendekatan sistematis untuk mengelola proses organisasi sehingga produk atau jasa dapt konsisten dalam memenuhi harapan klien. Ini juga menjamin organisasi memenuhi hukum, peraturan dan persyaratan lainnya.
  • ISO 9004 standar dimaksudkan untuk membantu organisasi memperluas manfaat Sistem Manajemen Mutu mereka kepada pemangku kepentingan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, serta membantu memberikan kesuksesan yang berkelanjutan.
  1. Sertifikasi
  • ISO 9001 adalah dokumen tentang persyaratan. ISO 9001 adalah satu-satunya dari keluarga besar standar ISO 9000 yang dapat disertifikasi untuk menunjukkan kesesuaian organisasi dengan persyaratan.
  • Di sisi lain, ISO 9004 adalah dokumen panduan tentang bagaimana untuk mencapai perbaikan terus-menerus untuk mendapatkan keunggulan bagi organisasi. ISO 9004 tidak dimaksudkan untuk sertifikasi.
  1. Fokus
  • Fokus utama standar ISO 9001 adalah pada kebutuhan pelanggan. Standar ini berfokus pada memastikan kesesuaian dengan kebutuhan pelanggan ditetapkan dan memastikan respon yang efektif terhadap umpan balik pelanggan.
  • ISO 9004 berfokus terutama pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan semua pihak yang berkepentingan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan seluruh stakeholder untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.
  1. Perbaikan
  • Dalam ISO 9001 perbaikan berkesinambungan dari sistem manajemen mutu dicapai terutama dengan melakukan tinjauan manajemen, audit internal / eksternal dan tindakan korektif / preventif.
  • ISO 9004 mempromosikan self-assessment dalam rangka organisasi untuk mengidentifikasi area kekuatan atau kelemahan dan peluang baik untuk perbaikan atau inovasi, atau keduanya. Standar ini memberikan panduan pada organisasi tentang bagaimana menetapkan tujuan perbaikan realistis dan menantang untuk proses mereka.

Ada banyak perbedaan lain antara kedua standar tersebut; Namun, bisa ditarik kesimpulan bahwa:

  • Keduanya dimaksudkan untuk digunakan oleh setiap organisasi, terlepas dari ukuran dan sifat mereka, untuk membangun dan meningkatkan SMM organisasi;
  • ISO 9001 dimaksudkan untuk sertifikasi, sedang ISO 9004 tidak;
  • ISO 9001 difokuskan terutama pada kepuasan pelanggan dan ISO 9004 memiliki fokus yang lebih luas yang mencakup semua pemangku kepentingan untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.

Banyak orang percaya bahwa ISO 9004 merupakan pedoman bagi pelaksanaan ISO 9001, namun, hal ini tidak benar. Standar-standar ini melengkapi satu sama lain, sehingga mereka dapat digunakan secara bersamaan oleh sebuah organisasi, dan mereka juga dapat digunakan secara terpisah. Beberapa organisasi memutuskan untuk menggunakan ISO 9001 untuk membangun dan meningkatkan SMM mereka dan kemudian beralih ke ISO 9004 sebagai panduan untuk mendapatkan manfaat jangka panjang dari Sistem Manajemen Mutu yang lebih luas.

Integrasi ISO 9001 dan 9004

ISO 9001 dan ISO 9004 adalah standar yang saling melengkapi dan pelaksanaannya bertujuan untuk memastikan keberhasilan kualitas dan mencapai peningkatan kinerja dalam organisasi apapun. Kedua standar tersebut dapat dilaksanakan secara mandiri atau secara bersamaan. Namun, skenario yang paling umum adalah untuk organisasi pada awalnya menerapkan ISO 9001 dan kemudian menggunakan ISO 9004 untuk meningkatkan proses dan untuk mendapatkan manfaat jangka panjang yang lebih luas dari Sistem Manajemen Mutu.

Standar-standar ini keduanya sama dalam hal struktur dan terminologi yang digunakan untuk memungkinkan integrasi yang mudah. Kedua standar tersebut juga didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen mutu yang sama, oleh karena itu, ketika sebuah organisasi telah berhasil menerapkan ISO 9001, relatif sederhana untuk mengintegrasikan ISO 9004 dan mencapai peningkatan kinerja.

Cara terbaik untuk mengintegrasikan ISO 9001 dan ISO 9004 adalah dengan melakukan hal berikut:

Organisasi perlu mengidentifikasi dan peringkat kebutuhan kualitas mereka, di mana kebutuhan yang paling mendasar adalah memenuhi persyaratan ISO 9001 dan kebutuhan berikutnya adalah untuk mencapai peningkatan kinerja. Setelah mengidentifikasi dan membuat peringkat kebutuhan ini, organisasi harus mengimplementasikan dari ISO 9001 ke ISO 9004 satu langkah pada satu waktu.

Kesimpulan

ISO 9001 berfokus pada memberikan keyakinan pada kemampuan organisasi untuk menghasilkan produk dan layanan yang konsisten, menyesuaikan dengan hal ini, ISO 9004 bertujuan untuk memberikan keyakinan pada organisasi itu sendiri untuk keberhasilan jangka panjang yang berkelanjutan. Ini akan membantu organisasi mengidentifikasi dan menyeimbangkan kebutuhan dan harapan pelanggan mereka dengan orang-orang dari pihak lain yang berkepentingan dalam lingkungan bisnis yang kompleks, menuntut dan selalu berubah.

ISO 9004 secara khusus tidak dirancang untuk sertifikasi karena hanya berisi panduan, tetapi ini dapat digunakan untuk penilaian yang membantu organisasi menilai tingkat kematangan berbagai komponen sistem mereka, serta mengidentifikasi dan memprioritaskan area potensial untuk perbaikan. Ini akan membantu organisasi untuk beranjak ke tingkat berikutnya di luar ISO 9001, dengan membahas topik-topik seperti penyelarasan dan penyebaran strategi, kebijakan dan tujuan dalam konteks yang lebih luas dari visi, misi, nilai-nilai dan budaya organisasi.

Proses ini merupakan proses yang terus menerus, karena organisasi mungkin tidak pernah membuang kebutuhan dasarnya untuk terus mencapai perbaikan dan peningkatan. Organisasi harus terus bekerja dalam memenuhi semua kebutuhan untuk peningkatan kinerja diatas dan ISO 9004 memberikan panduan tentang cara untuk mencapai peningkatan kinerja yang berkelanjutan ini.

Sebelum mencoba untuk mengintegrasikan ISO 9001 dan ISO 9004, organisasi harus memahami keduanya; meskipun ISO 9001 dan ISO 9004 saling melengkapi satu sama lain, mereka memiliki peran dan pendekatan yang berbeda. Mereka masing-masing memiliki peran dalam memberikan nilai untuk setiap organisasi yang memutuskan untuk menggunakan keduanya guna memperbaiki sistem manajemen mutu dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Anda tertarik untuk mempelajari tentang ISO 9004 atau 9001 lebih lanjut?
Anda dapat mengikuti training yang Anda butuhkan bersama Narada Katiga Indonesia. Info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami melalui Whatsapp 0813-9245-7755? (Nira) / 0811-355-2471? (Lala)

Hallo !

Pilih salah satu tim Marketing kami

Marketing Nira Sekar
6281392457755
Marketing Lala Zhaveera
628113552471
PT Narada Katiga Nusantara
Hai, apakah membutuhkan informasi?
×
Membutuhkan informasi?